Persiapan Untuk Ibadah Terlama



Bisa dibilang kalau menjalani kehidupan rumah tangga, baik sebagai suami atau istri, merupakan ibadah terlama dalam fase hidup seseorang. Mungkin sebagian dari kalian ada yang punya pendapat yang berbeda mengenai hal ini. Misalnya menurut kalian ibadah terlama seorang Muslim itu dari sholatnya, yang dimulai saat dia baligh sampai saat ini.

Tapi, coba deh sekarang kita sama-sama hitung dan pikir baik-baik. Kira-kira berapa lama sih waktu yang kita butuhkan untuk melakukan sholat? Katakanlah kita membutuhkan waktu maksimal 15 – 20 menit setiap kali sholat. Lalu dikalikan 5 waktu per harinya. Jadi, bisa dibilang kalau kita melakukan ibadah sholat per harinya itu maksimal antara 75 – 100 menit, atau 1 jam 40 menit. Iya, cuma 1 jam 40 menit nih ternyata. Padahal dalam sehari kita dikasih waktu 24 jam kan

Baca juga : Pentingnya Persiapan Mental dan Psikologi

Sedangkan ketika seseorang menikah dan memulai kehidupan berumah tangga, nggak ada tuh namanya istirahat sejak ijab diucapkan di depan wali sang perempuan. Sudah kebayang kan, berapa lama waktu yang akan kita habiskan dalam sehari untuk ibadah dalam berumah tangga ini? Bahkan Rasulullah SAW bersabda : "Shalat 2 rakaat yang diamalkan orang yang sudah berkeluarga lebih baik, daripada 70 rakaat yang diamalkan oleh jejaka (atau perawan)." (HR. Ibnu Ady dalam kitab Al Kamil).

Nah, karena itu bagi kalian yang masih single and available (termasuk penulis juga nih.. hahaha..), penting banget buat menyiapkan diri sebelum terjun dan menjalankan ibadah terlama itu. Mau ibadah sholat saja kita perlu persiapan, seperti wudhu, pakai pakaian yang rapi, memakai peralatan sholat, dan lain-lain. Apalagi ibadah berumah tangga yang nggak bakal ada kata “istirahat” di tengah-tengah menjalankannya.

Baca juga : Siapkan Ilmunya Dulu

Jadi, apa saja nih yang perlu kita persiapkan sebelum melakukan ibadah terlama itu?

1.      Persiapan ilmu tentang pernikahan

2.      Persiapan mental / psikologis untuk menghadapi pernikahan

3.      Persiapan ruhiyyah / spiritual

4.      Persiapan fisik

Kalau kalian pengen tau lebih detail dan sudah berniat untuk menikah dalam waktu dekat, tetep simak tulisan-tulisan yang ada di sini ya! Inshaa Allah penulis akan mencoba menjelaskan satu per satu nih biar makin jelas dan paham, okey? See you on the next pages!

Comments